Masalah Shock/Suspensi Depan Motor Terasa Keras

Berkendara dengan nyaman membuat pengendara merasa aman. Salah satu penunjang kenyamanan pada sepeda motor adalah suspensi. Setiap motor mempunyai karakter suspensi masing masing. Perlu diketahui bahwa fungsi dari shock pada suspensi adalah meredam guncangan agar motor stabil dan tidak terlalu banyak mental mentul atau mengayun. Dibeberapa forum seperti Facebook banyak yang bertanya tentang performa shock/suspensi pada motor terasa keras padahal sudah di service “suspensi bagian depan”. Banyak member yang memberi jawaban atas masalah tersebut. Diantara jawaban ada yang menyarankan mengganti per bawaan dengan per motor lain, ada yang menyarankan mengganti sulingan dan masih banyak lagi dengan cara diakali.

Menurut pengalaman yang saya rasakan suspensi depan terasa keras ada beberapa faktor, seperti tekanan angin ban berlebihan, oli shock terlalu banyak, atau as shock sudah bengkok. Selama faktor tadi tidak ada masalah maka yang menyebabkan shock depan keras adalah perasaan pada pengendara yang ekspektasinya terlalu tinggi terhadap kenyamanan suspensi depan motor. Realitanya agar suspensi depan terasa empuk ketika melewati jalan yang kasar adalah dengan mengatur kecepatan sepeda motor. Usahakan service shock sesuai standar pabrik baik komponen dan ukuran olinya. Selama masih menggunakan acuan pabrik shock akan bekerja normal selama part masih layak. Oleh karenanya shock keras dan lembut tergantung dari perasaan dan keceptan sepeda motor. Semakin cepat melewati jalan kasar hentakan semakin terasa, semakin lambat atau menyesuaikan dengan jalan maka motor tetap akan nyaman dikendarai.

Tulisan ini hanya sebagai opini pribadi tentang keluhan seputar suspensi sepeda motor harian pada umumnya. Semoga bermanfaat.

This entry was posted in blog and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.