Tips mengatasi kipas Power Suply berisik

PC atau Komputer adalah alat kerja yang sangat penting apalagi bagi saya. Menulis artikel,mengurus website, database dan lain lain harusmenggunakan komputer yang tahan banting. Memilih PC desktop untuk menyelesaikan pekerjaan sangan diperlukan karena durabilitasnya yang kuat. Bahkan terkadang saya tidak mematikan Pc selama 24 jam nonstop karena pekerjaan tertentu. Dan terbukti selama ini tidak ada kendala yang berarti.

Perawatan adalah jalan terbaik untuk menjaga PC atau komputer agar dalam performa terbaiknya. Terkadang ada masalah kecil namun apabila dibiarkan akan membuat kita kesusahan dikemudian hari. Salah satu gangguan yang aaya alami beberapa hari ini adalah suara dari kipas power suply yang semakin berisik dan keras suaranya. Gangguan tersebut membuat saya seperti didalam kendaraan umum aka. Angkot. Setelah mengetahui penyebabnya saya pitiskan untuk membuka powersuply dan mengambil kipas yang ada didalamnya untuk dibersihkan dengan kuas. Selain itu saya tambahkan oli/minyak multipurpose atau oli mesin jahit. Tujuanya adalah untuk melumasi kipas yang seret dan tidak menyebabkan konsleting listrik. Setelah selesai saya coba nyalakan, suara yang tadi berisik sudah tidak terdengar lagi dan komputer kembali nyaman.

Saya sudah mencoba cara diatas kepada beberapa part komputer/PCsaya seperti kipas fan processor dan kipas VGA card dan semuanya berhasil. Untuk menghindari debu atau kotoran yang masuk sebaiknya komputer di turupi kain apabila sedang tidak digunakan agar debu tidak mudah menempel. Jaga kebersihan ruangan untuk meminimalisir kotoran. Apabila anda mengalami gangguan yang sama silahkan dicoba dan semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.