Punya Printer Inkjet? begini cara merawatnya

Bagi sebagian orang pritnter adalah salah satu alat yang sangat membantu dalam mencetak dokumen. saat ini produsen printer banyak yang memasarkan produk mereka untuk kalangan rumahan yang mempunyai daya cetak yang tidak terlalu banyak. biasanya printer jenis rumahan ini tidak memakai tabung tinta yang banyak melainkan head dan tinta dijadikan dalam satu tempat yang kecil yang diberi nama “catridge”. rata-rata satu catridge dapat mencetak dokumen berkisar 100-300 lembar kertas a4. printer ini sangat cocok digunakan untuk pencetak rumahan yang dipakai seperlunya saja.

Salah satu cara agar printer inkjet ini awet adalah dengan memakainya sesuai dengan porsinya . diantaranya adalah:

Mencetak dokumen tidak terlalu banyak dalam satu waktu. misalnya anda akan mecetak dokumen sebanyak 50 lembar, alangkah baiknya dokumen tersebut dicetak dalam beberapa partai seperti dalam satu kali cetak adalah 10 atau 20 lembar dan diikuti jeda selama 1 menit atau lebih agar catridge tidak mengalami overheat atau panas.

Apabila anda ingin berhemat pasti anda akan menjadikan catridge menjadi refillable atau dapat diisi ulang. umumnya kita semua melahkukan dengan cara di suntik. nah, agar pencetak yang diisi ulang awet anda harus mengisi tinta dengan hati hati atau jangan sampai lebih dari ukuran tabung di catrige. sebisa mungkin tinta jangan sampai habis sama sekali.

tutupi printer apabila tidak terpakai dengan kain atau plastik karena debu dan kotoran dapat menyebabkan printer cepat kotor. hal ini tidak baik untuk part-part yang bergerak. selain itu head printer juga tidak mudah disusupi kotoran dan tidak cepat kering.

Apabila saran diatas duah terpenuhi kemungkinan printer rewel akan berkurang. namun semua alat buatan manusia mempunyai masapakai sehingga apabila printer sudah melewati kemampuanya seperti sudah mencetak dalam jumlah tertentu maka kemungkinan printer sudah saatnya diganti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.