Suspensi motor terasa keras belum tentu dari Shockbrekernya

Apabila motor sudah tidak nyaman terutama bantingan shock bagian depan lebih keras dan membuat tangan cepat pegal, jangan buru buru menyalahkan suspensi depan, melainkan cek beberapa komponen yang saling bekerja sama dalam menahan benturan dari jalan.

menurut pengalaman saya komponen yang perlu di cek antara lain adalah tekanan ban, constir dan bearing (laher) roda. apabila ketiganya masih normal barulah kita cek suspensi depan apakah ada kebengkokan di as atau sil yang bocor.

Bearing (laher) roda yang sudah aus akan membuat space atau jarak yang membuat hentakan roda akan lebih terasa kasar karena sebelum disalurkan ke peredam kejut laher roda yang ada spasinya berbenturan terlebih dahulu. cara memeriksa laher cukup mudah yaitu dengan menggoyang-goyangkan roda ke kanan dan ke kiri, apabila ada jeda maka laher roda sudah saatnya ganti. cara kedua adalah dengan menstandar dua motor, angkat roda bagian depan dan hentakan ke tanah tanpa di tekan apabila ada bunyi kletuk maka laher roda sudah saatnya ganti. dalam beberapa kasus ketika dicek dengan cara pertama tidak terasa jedanya namun dengan cara kedua akan terasa jedanya.

Conestir adalah bearing yang menahan suspensi dengan kemudi sehingga komponen ini sangat penting dalam menyeimbangkan motor. beberapa masalah yang terjadi antara lain bal yang ada didalam constir sudah aus sehingga menimbulkan jeda. jeda tersebut membuat benturan lebih keras karena tidak langsung disalurkan ke peredam kejut. sedikit saja konstir bermasalah akan berpengaruh pada kenyamanyan berkendara. agar komponen ini awet maka bijaklah dalam berkendara sesuai dengan kondisi permukaan jalan yang dilalui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.