Downgrade windows 10 ke windows 8.1 Lumia 535

Lumia 535 akhirnya mendapatkan update windows 10 mobile dari microsoft. Banyak yamg menunggu update final ini sampai sampai banyak sekali yamg menjadi aggota insider untuk membantu pengembangan windows 10. Saya juga demikian, mnunggu update windows 10 di lumia 535 yang saya punya. Setepah memunggu sekian lama akhirnya microsoft mengumumkannupdate windows 10 dan saat itu pula saya langsung melahkukan update dari windows 8.1 ke windows 10 mobile.

Setelah update ke windows 10 ada hal yang baru pada lumia 535 saya ini. Yang jelas adalah penampilan yang menjadi lebih menarik, yaiti dapat di pasang background walpaper di belakang ubin. Menu pengaturan dan lain-lain juga berubah dan memberikan kesan yang menarik bagi saya.

Memakan banyak ruang disk

Namun dibalik tampilan yang bagus ada masalah pada bagian penyimpanan. OS ini memakan banyak ruang disk yang mngakibatkan sedikitnya penyimpanan internal lumia 535. Kapasitas 8GB hanya tersedia tidak ada 2GB padahal pada waktu memakai windows 8.1 dis pwnyimpanan teraeria 3GB lebih. Selain berkurangnya disk penyimpanan juga terkendala respon dan kecepatan dalam perosesan aplikasi.

Lumia 535 menjadi lebih lambat

Semenjak beralih ke windows 10 lumia 535 saya menjadi lebih lambat dan membutuhkan waktu lama sekali. Kasus ini terjadi saat membuka keseluruhan program baik aplikasi bawaan ataupun aplikasi pihak ke 3. Sehingga saya sangat kesulitan apalagi ketika saat membutuhkan office mobile dan bahkan ketika browsing pun juga sangat tidak nyaman.

Update windows 10 pada lumia 535 seakan akan dipaksakan. Bagi saya pribadi tidak memberikan dampak yang besar bahkan mengurangi performa dari lumia 535 sendiri. Pada akhirnya saya memutuskan downgrade atau rollback ke windows 8.1 yang mana lumia 535 dapat menunjukkan performa maksimalnya. Untuk downgrade atau rollback dari windows 10 ke windows 8.1 pada lumia 535 sangatlah mudah beriktu ini caranya.

Downgrade / Rollback Windows 10 ke windows 8.1 lumia 535

Pertama tama yang anda butuhkan adalah :

  1. Komputer atau Laptop yang menjalankan windows 7,8 atau 10 (windows xp tidak bisa)
  2. Kabel data
  3. Software WindowsRecoveryTool (dapat di download pada website microsoft ketik di google)
  4. Terinstall dotnet framework 4.5 ke atas (dapat di download di website microsoft)

Setelah semuanya siap maka sekarang kita lahkukan proses downgrade atau rollback lumia 535 menggunakan windows recovery tool, caranya adalah sebagai berikut :

  1. Install Windows Recovery Tool pada PC atau Laptop.
  2. Setelah terisntall hubungkan lumia 535 ke PC pastikan terdeteksi dengan membuka my komputer di situ akan terlihat windows mobile di bawah partisi hardisk.
  3. Buka aplikasi windows recovery tool setelah itu aplikasi akan mendetksi lumia 535 dengan otomatis pilih dan lanjutkan
  4. ikuti petunjuknya dan lumia anda akan merestart dirinya sendiri, jangan lahkukan apapun sampai lumia anda menyala lagi dengan menampilkan halaman depan windows 8.1.
  5. proses downgrade ini akan memakan waktu lumayan lama karena aplikasi akan mendownload file windows 8.1 dari server microsoft yang besarnya 1,7GB dan kemudian dilanjutkan proses install windows 8.1

setelah proses downgrade selesai anda akan menjumpai tampilan windows 8.1 seperti sedia kala dan lumia 535 akan berjalan lancar lagi tanpa lemot.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *