Beberapa Soundfont yang Bagus Versi Saya

Soundfont adalah kumpulan bank instrument dan dapat disandingkan dengan data midi untuk menghasilkan suara agar mirip seperti suara aslinya. bagi yang baru mengenal soundfont mungkin anda bingung soundfont yang bagus seperti apa? soundfont yang bagus menurut saya pribadi ada beberapa kriteria di antaranya

  • ukuranya tidak terlalu besar namun kualitas suaranya bagus. hal ini karena banyak soundfont yang ukuranya besar bahkan hampir 1GB tidak memberi kualitas suara yang bagus, dalam hal ini instrumen di dalamnya kurang berpadu.
  • Sample rate 44100Hz sudah cukup untuk memainkan soundfont walaupun 48000Hz lebih jerih.
  • Bit Debth 16 bit juga sudah cukup karena akan meringankan kinerja komputer dan soundcard juga ukuran soundfont tidak terlalu besar.

Menurut saya pribadi kunci dari lagu enak atau tidak enak di dengar bukan haya dari kualitas soundfont nya tapi juga pada kreator musiknya yang mampu memaksimalkan fitur dari soundfont tersebut. seperti halnya keyboard mau merek yamaha, roland, korg dari seri rendah sampai tinggi kalau yang memegang orang yang ahli dalam musik maka permainan yang dihasilkan akan bagus.

Saya sendiri juga masih pemula hanya tahu sedikit saja tentang perkembangan teknologi di bidang ini. jika anda mencari soundfont yang relatif bagus ada beberapa yang dapat anda coba dengan gratis di antaranya

  • Soundfont SGM
  • GMR Basico
  • FluidGM
  • Chromium

atau soundfont bawaan dari soundcard soundblaster mungkin ada orang baik hati yang mengunggah soundfont tersebut di internet anda dapat mencari di mesin pencari google atau sejenisnya. ukuranya kecil ada yang 7Mb sampai 32 MB namun kualitasnya terkadang lebih baik dari soundfont yang ukuranya lebih dari itu.

semoga bermanfaat.

Artikel Lainya

Satu tanggapan untuk “Beberapa Soundfont yang Bagus Versi Saya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *