Pentingnya Pendidikan Akhlak

Saat ini banyak orang tua yang mulai sadar tentang pentingnya pendidikan akhlak untuk putra-putrinya. sehingga mereka rela mengeluarkan uang yang lebih demi memberikan pendidikan yang terbaik kepada putra-putrinya. saat ini sudah mulai banyak lembaga pendidikan yang memiliki nilai lebih dibandingkan dengan lembaga lainya, pendidikan tersebut adalah pendidikan akhlak.

Ketika manusia tidak lagi mengedepankan akhlak yang terpuji maka manusia tersebut dapat diartikan sudah memasuki wilayah kehewanan, akhlak itulah yang membedakan hewan dan manusia. pendidikan yang sesungguhnya adalah dapat menumbuhkan/membentuk kepribadian manusia agar menjadi sempurna, berbudi luhur dan berakhlak yang mulia. sehingga dapat mendorong manusia dalam berbuat kebaikan dan menahan untuk berbuat kemaksiatan.

Seorang anak yang tidak pernah diberi pendidikan moral sejak kecil, maka akan sangat membahayakan bagi dirinya maupun orang lain, bahkan akan menjadi lebih berbahaya dari binatang buas. oleh karenanya pendidikan akhlak sejak kecil adalah sangat penting, terutama bagi orang tua dalam memilihkan pendidikan untuk putra-putrinya harus jeli agar pendidikan yang diberikan sesuai dengan ajaran-ajaran islam.

Kemerosotan moral generasi saat ini tidak lepas dari berbagai hal. diantaranya adalah tontonan atau huburan yang sering ditayangkan oleh media-media seperti TV. acara-acara yang disajikan kadang tidak memberikan manfaat kepada anak-anak. bahkan dapat dikatakan merusak moral anak, sebagai contoh saat ini di TV kita setiap hari menayangkan sinetron yang isi ceritanya hanya mengedepankan gaya hidup, kesedihan, kisah cinta, pacaran dan sebagainya. itu semua dapat memberikan dampak yang besar atas moral, oleh karena itu peran orang tua sangat penting yaitu dengan mengawasi apa saja yang tonton oleh anak-anak.

Untuk mewujudkan generasi yang bermoral maka peran orang tua sangat penting yaitu untuk memberi pendidikan akhlak sejak anak lahir khususnya didalam keluarga. selain keluarga lingkungan anak adalah sekolah dan disana peran guru juga tidak kalah pentingnya. guru adalah sumber rujukan nyang nyata bagi anak-anak sehingga sudah sepatutnya guru memberikan dan mencontohkan akhlak yang mulia. oleh karena itu peran orang tua dan guru merupakan suatu yang penting dalam membentuk akhlak yang mulia pada anak-anak.

Pada akhirnya lembaga pendidikan mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam membentuk moral anak. selain unggul dalam bidang prestasi lembaga seharusnya mengutamakan pendidikan akhlak. sebagai orang tua harus pandai dan teliti dalam memilih lembaga pendidikan untuk masa depan anak.

This entry was posted in blog, pendidikan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.