Alasan Saya Menggunakan Linux untuk Komputer Pribadi

Linux adalah sistem operasi alternatif yang bisa digunakan selain Windows dan Mac OS. kenapa saya menggunakan linux sebagai sistem operasi untuk pekerjaan sehari-hari? jawabanya adalah karena linux dibuat gratis dan open source untuk semua orang dan dikembangkan oleh komunitas diseluruh dunia. untuk menggunakan linux kita tidak diharuskan membayar lisensi baik sistem operasi dan software didalamnya. Distro yang saya gunakan adalah Ubuntu dengan versi saat tulisan ini dibuat adalah 21.04 .

Linux berjalan sangat setabil pada perangkat komputer, laptop dengan tahun produksi lama maupun baru. sistem partisinya juga berbeda dengan windows yaitu menggunakan EXT4 yang mana lebih stabil dan tidak perlu melahkukan defrag hardisk. selain itu linux juga kebal terhadap virus sehingga penggunanya akan merasa aman.

Dukungan software pada linux saat ini sudah bagus. beberapa pekerjaan urusan kantor seperti menulis surat, makalah dan sebagainya dapat menggunakan Open Office sebagai alternatif Microsoft Office. Didalam sistem linux juga sudah dibelaki dengan PDF reader, Image Viewer, mp3 Player dan Video Player. dengan banyaknya pengembang software linux saat ini sudah tidak sesusah dulu karena untuk install/memasang software dapat menggunakan Software Center dari Ubuntu.

Apakah anda belum menggunakan Linux? jika belum anda bisa mencoba sistem operasi ini dengan memilih dari beberapa distro berikut :

This entry was posted in blog and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.